Kendarikota.go,id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalu Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari, kini tengah mengembangkan Aplikasi Sistem Informasi Persuratan (SIMPER) dilingkup Pemkot Kendari. Hal ini terungkap dalam rapat Koordinasi sosialisasi Aplikasi SIMPER yang digelar di Aula Dinas Kominfo. Selasa, (26/11).

Kepala Dinas Kominfo Kota Kendari Nur Rasak ketika memimpin rapat mengatakan Saat ini kegiatan persuratan dan disposisi dilingkup Pemkot Kendari masih menggunakan cara konvensional dan manual, dimana pada era yang serba digital seperti saat ini, bisa dikatakan kurang efektif, karena dengan volume dan intensitas persuratan yang semakin lama semakin tinggi menuntut kecepatan dan ketepatan waktu.
Selain itu, menggunakan cara manual akan memunculkan beberapa permasalahan, misalnya lambatnya surat yang diterima oleh pimpinan terhambatnya proses disposisi, sulitnya melacak surat masuk/keluar karena membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak efisien, dll.
Selain itu juga instansi pemerintahan akan membutuhkan lebih banyak tenaga pegawai (SDM) yang bertugas dalam menyampaikan surat agar bisa sampai ke tujuan dengan cepat. Belum lagi nantinya akan muncul permasalahanan apabila terjadi pembengkakan anggaran untuk pembelian kertas sebagai penunjang dalam proses persuratan

“Sistem aplikasi SIMPER ini adalah sebuah aplikasi yang berbasis internet yang dapat diakses melalui web di PC/laptop, dan sementara dikembangkan dalam versi mobile application yang berbasis sistem android maupun IOS yang dapat diunduh dan digunakan smartphone masing-masing pengguna, sehingga diharapkan kegiatan persuratan dilingkup Pemkot Kendari bisa lebih Cepat dan Efisien” Ujar Nur Rasak
Aplikasi SIMPER ini sendiri memiliki beberapa keunggulan diantaranya : Pengelolaan Arsip Surat Secara Elektronik, Disposisi Dapat Dilakukan Dimanapun dan Kapanpun, Manajemen Surat dapat Dikirim ke banyak OPD Sekaligus, Memudahkan Tracking surat masuk/keluar, Memudahkan Koordinasi Antar OPD/Bagian/Unit serta Menghemat Aggaran Belanja Kertas (Paperless).
Rapat ini dihadiri oleh Sekretaris berserta Pejabat eselon lingkup Diskominfo Kota Kendari, Sekretaris dan kasubag umum Inspektorat, DPRD, DPKAD, BKPSDM, serta Bagian Umum, Camat Kadia, Sekretaris Korpri serta Lurah Mandonga sebagai perwakilan untuk memberikan masukan terkait Alur persuratan dan disposisi yang akan digunakan pada Aplikasi SIMPER ini.